KKR Hari Ketiga

Malam hari ketiga kegiatan pekan pembukaan semester Genap 2019/2020 kembali dilaksanakan KKR. Acara dipimpin oleh Saudara Nikolaus, mahasiswa Prodi Teologi. Dalam kesempatan ini, mahasiswa yang sedang menyusun skripsi menyampaikan kesaksian dalam sebuah nyanyian yang berjudul Kaulah Kuatku.

Ibu Ayang Emiyati, S.Pd.K.

Khotbah disampaikan oleh Ibu Ayang Emiyati, S.Pd.K. yang masih dalam rangkaian tema utama Peran Hamba Tuhan dalam Kehidupan Sosial, Masyarakat, dan Bernegara yang diangkat dari nats Nehemia 4:1-6. Tokoh Nehemia menjadi perhatian penting karena ia adalah sosok pemimpin yang berintegritas, rendah hati, mengorbankan diri, bebas dari keserakahan, bijaksana, mempunyai prinsip hidup yang melandasi tindakan hidupnya. Nehemia hidup di tengah kehidupan masyarakat yang penuh dengan berbagai pergumulan dan kebusukan. Dalam kaitan dengan kehidupan sosial, masyarakat, dan bernegara adalah sebagai hamba Tuhan harus memiliki keteguhan hati (Neh. 4:4-6), kemudian menjadi teladan bagi masyarakat (ay. 6). Ketika menjadi teladan maka itu artinya seorang hamba Tuhan menjadi model dalam kehidupan doa, bekerja, perkataan, dan kasih. Dalam hidup bermasyarakat apa yang menjadi model dari Nehemia dapat menjadi model bagi kehidupan seorang hamba Tuhan masa kini.

Dengan memiliki keteguhan hati dan menjadi teladan, seorang hamba Tuhan dapat memberi pengaruh bagi masyarakat di mana ia berada. Pernanan hamba Tuhan adalah menjadi teladan sehingga menyatakan kasih Kristus dalam masyarakat. Dengan memiliki keteguhan hati, seorang hamba Tuhan dapat memberi dorongan, motivasi, dan berperan dalam berbagai hal lainnya (29 Jan. 2020).

Visits: 48

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *