Pembukaan Semester Ganjil 2022/2023

Mengawali kegiatan akademik STT Simpson Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023, dilaksanakan kegiatan pembukaan semester. Kegiatan pembukaan semester dilaksanakan di Aula STT Simpson pada 29 Juli 2022. Dalam pembukaan Semester Ganjil 2022/2023, dimulai dengan ibadah. Dosen-dosen dan karyawan menyampaikan kesaksian dari Nyanyian Kemenangan Iman No 265 dengan judul Kasihnya Tuhan Allah.

Khotbah dalam ibadah disampaikan oleh Pdt. Susanto, M.Th. Tema khotbah Tindakan Pemuridan Menghasilkan Kemanfaatan. Nats khotbah diambil dari Filemon 1. Dalam khotbahnya, Pdt. Susanto, M.Th., mengungkapkan bahwa proses yang dilakukan oleh Paulus menghasilkan dampak pada dua orang muridnya, yaitu Filemon dan Onesimus.

Tindakan pemuridan Paulus adalah menunjukkan kasih kepada muridnya. Paulus tidak menggunakan otoritasnya untuk memerintahkan Filemon, tetapi menjadikan Filemon sebagai teman sekerjanya. Paulus menyebut Onesimus sebagai buah hatinya, padahal Onesimus adalah seorang budak yang melarikan diri. Paulus tidak hanya menunjukkan bagaimana ia mengasihi kedua orang tersebut, namun ia menunjukkan perhatiannya kepada kedua orang tersebut. Paulus mengasihi mereka, tetapi Paulus juga mendisiplin mereka. Kasih tanpa kedisiplinan akan memanjakan.

Kasih dan kedisiplinan berjalan beriringan.

Pdt. Susanto, M.Th.

Tindakan pemuridan Paulus yang kedua adalah dengan mengajar Filemon dan Onesimus. Filemon telah menerima banyak pengajaran, dan pengajaran itu Filemon telah memiliki sesuatu yang berharga. Ia telah menerima anugerah sehingga mengenal Yesus Kristus. Itu jauh lebih berharga dari yang lain. Karena Filemon diajar firman, Filemon mengenal Kristus. Perjumpaan dengan Kristus adalah sesuatu yang berharga. Melalui sebuah surat Paulus mengingatkan agar selalu mengingat pengajaran yang telah disampaikan kepada Filemon. Sementara terhadap Onesimus, Paulus mengajarnya di dalam penjara. Paulus menggunakan kesempatan untuk mengajar dan membimbing Onesimus kepada pertobatan dan anugerah pengampunan. Paulus memberitakan Injil saat dirinya terbelenggu, tetapi Injil tidak terbelenggu. Itu sebabnya, Injil diberitakan kepada Onesimus.

Injil tidak dapat dibelenggu, meski pemberitanya terbelenggu

Pdt. Susanto, M.Th.

Tindakan ketiga Paulus adalah melatih murid-muridnya. Ia melatih murid-muridnya dengan teladan. Paulus mengajarkan mengenai pengampunan ditunjukkan dengan menerima Onesimus. Ini adalah ungkapan teladan bahwa ia teladan bagi Filemon dan Onesimus. Paulus juga meletakkan dirinya sebagai penjamin bagi Onesimus. Dengan menempatkan diri sebagai penjamin, Paulus sedang menunjukkan teladan. Hal yang mudah diingat adalah teladan. Dengan teladan yang dilihat, dirasakan, dan dinikmati akan lebih mudah diingat. Untuk melatih murid-muridnya, Paulus berpesan agar Filemon mengampuni dan menerima Onesimus sebagai saudara yang dikasihinya.

Kemanfaatan dari pemuridan Filemon dan Onesimus adalah ketika Paulus melihat Filemon dan Onesimus itu menjadi sukacita bagi Paulus. Hal ini akan menjadi contoh bagi jemaat yang lain. Apa yang menjadi respon Filemon kepada Onesimus, akan menjadi teladan bagi jemaat di Kolose. Kemanfaatan dari pemuridan adalah menjadikan pribadi tidak berguna menjadi berguna. Melalui proses pemuridan dalam hidup kita masing-masing, kita memiliki kemanfaatan yang terus meningkat.

Melalui proses pemuridan dalam hidup kita masing-masing, kita memiliki kemanfaatan yang terus meningkat

Pdt. Susanto, M.Th.

Setelah ibadah, acara dilanjutkan dengan acara pembukaan semester dengan rangkaian acara penyambutan mahasiswa baru, mahasiswa KKL, mahasiswa magang yang dipimpin oleh Waket 1 Bidang Akademik.

Selanjutnya penyambutan Tim Mission Trip oleh Waket III yang telah melaksanakan tugas pelayanan selama libur Semester Genap 2021/2022 di Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Jawa Timur.

Akhir acara, Pdt. Dr. Krido Siswanto, M.A., M.Th., Ketua STT Simpson membuka Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Sebelum membuka kegiatan semester, diperkenalkan Rohaniawan, Dosen dan Staf di STT Simpson. Ketua STT Simpson menyampaikan pesan bagi seluruh mahasiswa baru, agar mengembangkan karakter, spiritualitas dan intelektualitas sebagai hamba Tuhan. Selain itu, mahasiswa perlu mengembangkan keterampilan pelayanan. Kemudian perlu mengembangkan sikap disiplin untuk menjadi seorang hamba Tuhan yang disiplin dalam banyak hal.

Semester Ganjil 2022/2023 akhirnya dibuka oleh Ketua STT Simpson dengan doa memohon pimpinan Tuhan bagi seluruh proses pendidikan di STT Simpson.