Kebaktian Kebangunan Rohani Hari I, Pekan Pembukaan Semester Genap 2022/2023

Dalam pekan pembukaan Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 tanggal 24-27 Januari 2023, STT Simpson kembali melaksanakan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR). Tema dalam KKR kali ini adalah “Tuhan Sumber Segala Pengharapan” (Yer. 17:7-8). Tema ini dipilih karena keyakinan bahwa Tuhan adalah sumber pengharapan. Tahun 2023 diprediksi oleh banyak pakar sebagai tahun yang sulit. Kondisi ekonomi akan menjadi semakin sulit. Banyak orang akan mengalami kesulitan hidup, sehingga berpotensi mengalami goncangan hidup. Dengan keyakinan bahwa Tuhan adalah sumber pengharapan, Ia juga memberikan pengharapan yang memampukan manusia menghadapi kesulitan hidup. Hal ini sejalan dengan Yeremia 17:7-8 bahwa diberkatilah orang yang mengandalkan dan menaruh pengharapannya pada TUHAN.

Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Yeremia 17:7-8

KKR hari I, tanggal 24 Januari, Pdt. Harming, S.Th., M.Si. menyampaikan khotbah dengan membahas Yeremia 17:7-10. Pdt. Harming, S.Th., M.Si. menjelaskan bahwa Yeremia dipakai TUHAN untuk membawa umat-Nya kembali pada pengertian dan pengenalan pada TUHAN. Sebab di dalam TUHAN ada pengharapan, sehingga orang percaya harusnya mengandalkan TUHAN dalam menghadapi berbagai kesulitan hidup. Orang yang mengandalkan TUHAN mengerti bahwa TUHAN tidak meninggalkan umat-Nya. Orang yang mengandalkan TUHAN mengerti bahwa melalui kesulitan Dia mengajar umat-Nya. Oleh sebab itu, menghadapi hari depan yang penuh rahasia, orang percaya harus kembali mengandalkan dan menaruh pengharapan kepada TUHAN.

KKR hari I, 24 Januari 2023. Khotbah: Pdt. Harming, S.Th., M.Si.