Ungaran (24/1/2024) —  Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) dalam Pekan Pembukaan Semester kembali dilaksanakan pada 23 Januari 2024. Khotbah dalam KKR III disampaikan oleh Pdt. Samuel Udau, M.Th. Beliau adalah dosen Prodi Teologi dan Gembala GKII Alfa Omega Salatiga. Khotbah dalam KKR III masih dari tema utama “Hamba Tuhan Berkarakter Kristus” (1 Yoh. 2:6).

Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu.

2 Timotius 2:15 TB

Dalam KKR III, Pdt. Samuel mengkhususkan pembahasan dari 2 Timotius 2:15. Dalam khotbahnya Pdt. Samuel menyampaikan tiga hal penting untuk menjadi hamba Tuhan yang berkarakter Kristus.

Pertama. Mengusahakan diri layak.
Hamba Tuhan yang mengusahakan diri layak adalah hamba Tuhan yang mengusahakan dan bergegas untuk layak. Usaha yang tekun menghasilkan terbaik dengan penuh semangat dan bergegas. Layak bagi Tuhan diibaratkan seperti tentara, olah ragawan, dan petani. Tentara, olah ragawan, dan petani adalah gambaran profesi yang bekerja keras. Seorang petani akan pertama menerima hasilnya. Demikian pula seorang hamba Tuhan, apa yang dia ajarkan itu pula yang harus terlebih dahulu dilakukannya.

Kedua, Pekerja yang tidak usah malu.
Seseorang yang tidak merasa malu baik dalam metode kerjanya maupun dalam pemeriksaan hasil karyanya (1 Kor. 3:13). Dalam bekerja, untuk mencapai hasil terbaik maka metode kerjanya harus baik. Apabila cara kerja kita baik, maka kita tidak akan merasa malu. Apabila cara kita salah, maka kita akan malu menunjukkan pekerjaan kita. Seringkali orang menjaga tampilan luarnya, tetapi tidak takut akan Tuhan sehingga cara kerja kita tidak benar.

Ketiga, Pekerja yang berterusterang memberitakan kebenaran.
Hamba Tuhan yang berkarakter Kristus adalah hamba Tuhan yang membagikan firman Tuhan dengan benar. Firman harus dibagikan dengan terusterang. Menangani dengan benar, dengan menyala, memotong lurus, mengelola dengan benar, melakukan sesuatu dengan cara yang terbaik (Ams. 3:6).